Thursday, August 4, 2016

25 Alat Musik Tradisional Indonesia dan Asalnya Terpopuler

https://adstimer.com/index.php?ref=axellalucretia

26 Alat Musik Tradisional Indonesia dan Asalnya Terpopuler

 

1. Serune Kalee

alat musik serune kalee
Serune kalee datang dari daerah Aceh yang memiliki type bunyi Aerofon, alat dipakai lewat cara ditiup serta pada lubang yang ada pada serune kalee berperan untuk mengatur suara dengan memakai jari-jari kita.

2. Aramba




Alat musik aramba
Alat musik Aramba ini datang dari daerah Sumater Utara yang mempunyai type bunyi yaitu Ideofon, untuk pemakaiannya yakni lewat cara dipukul dengan menggunakan pemukul yang khusus.

3. Saluang




alat musik saluang
Alat musik saluang ini datang dari daerah sumater barat dengan memiliki type bunyai yaitu Aerofon, mengenai langkah pemakaiannya dengan ditiup serta pada lubang yang ada di alat muski ditujukan sebagai pengatur suara di mana jari-jari tangan sebagai penutup lubangnya.

4. Gambus




alat musik gambus
Alat musik yang bernama Gambus ini datang dari daerah Riau yang memiliki type bunyi Kordofun yang digunakan lewat cara dipetik memakai jari serta memainkan suara dengan jari.

5. Gambus Jambi




alat musik gambus jambi
Alat musik Gambus ini termasuk juga datang dari daerah Jambi yang memiliki type bunyi Kordofon lewat cara pemakaian melalui dipetik dibagian senarnya.

6. Accordion

accordiaon dari sumatera selatan
Alat musik Accordion ini berasal pada daerah Sumatera Selatan yang mempunyai type bunyi Aerofon, mengenai langkah pemakaiannya dengan menggunakan ke-2 tangan kita, pada tangan yang satu digunakan sebagai pengatur alunan nada, sedang pada tangan yang ke-2 dipakai untuk mengatur suara.

7. Doll




alat musik doll
Alat musik Doll ini datang dari daerah Bengkulu yang mempunyai type nada berbentuk Membranofon yang dipakai lewat cara dipukul menggunakan alat pemukul.

8. Bende




alat musik bende dari lampung
Alat Musik Bende ini berasal pada daerah Lampung yang mempunyai type nada yaitu Ideofon yang difungsikan memakai alat pemukul khusus untuk memukul alat.

9. Gendang Melayu




alat musik gendang melayu
Gendang melayu ini termasuk juga alat musik yang datang dari daerah Kepulauan bangka belitung yang memiliki type bunyi Membranofon, mengenai langkah penggunaan yaitu dengan menepuk ruang lunak dengan memakai telapak tangan kita.

10. Gendang Panjang


Gendang panjang ini yaitu alat musik daerah yang datang dari Kepulauan Riau yang mempunyai type bunyi berbentuk Membranofon yang dipakai lewat cara menepuk dengan tangan di bagian yang lunak gendang.

11. Alat Musik Tehyan




tehyan
Tehyan datang dari daerah Ibukota Jakarta yang mempunyai type nada Kordofon yang dipakai lewat cara digesek memakai alat spesial dibagian dawai atau senarnya sama juga dengan memainkan biola.

12. Angklung




alat musik angklung
ANgklung termasuk juga alat musik yang mempunyai type nada Ideofon yang datang dari daerah Jawa barat lewat cara penggunaan yaitu dengan menggetarkan memakai tangan kita.

13. Gamelan




gamelan
Gamelan yaitu alat musik tradisional yang datang dari daerah jateng yang mempunyai type bunyi berbentuk Ideofon yang dipakai lewat cara dipukul-pukul dengan alat pemukul spesial.

14. Gendang





Gendang termasuk juga alat musik yang datang dari daerah Yogyakarta yang mempunyai type bunyi yakni Ideofon, mengenai pemakaiannya yaitu lewat cara ditepuk menggunakan telapak tangan di bagian lunak gendang.

15. Bonang




Bonang termasuk juga alat musik yang datang dari jawa timur dengan type nada yaitu Ideofon yang dipukul dengan pemukul spesial.

16. Alat Musik Gendang





Gendang ini datang dari daerah banten yang mempunyai khas bunyi berbentuk membranofon yang dipakai lewat cara menepuknya menggunakan telapak tangan.

17. Alat Musik gengceng




alat musik gengceng bali
Gengceng ini yaitu alat musik yang unik berasal pada daerah Bali dengan mempunyai khas bunyi yaitu Ideofon yang ditempatkan pada ke-2 telapak tangan lantas ditepuk hingga dapat sama-sama berbenturan serta bisa keluarkan nada.

18. Serunai





Serunai termasuk juga alat musik yang unik di mana datang dari Nusa Tenggara Barat yang berjenis nada Aerofon lewat cara ditiup lantas nadanya dimainkan dengan memakai jari-jari tangan untuk tutup lubang-lubang pada Serunai.

19. Sasando




sasando
http://www.imimmetronome.com
Alat musik daerah sasando ini datang dari daerah Nusa Tenggara Timur yang berbunyi chordofon yang dipetik dengan cuma memakai jari-jari di senarnya.

20. Tuma


Tuma yaitu alat musik yang berasal pada daerah Kalimantan Barat yang berkhas bunyi membranofon lewat cara ditepuk memakai telapak tangan kita.

21. Sampek


Sampek ini termasuk juga alat musik yang unik serta datang dari daerah Kalimantan timur yang mempunyai type bunyi yaitu Kordofon lewat cara dipetik di bagian senarnya.

22. Japen




Japen ini yaitu alat musik yang disukai oleh masrayakat yang ada didaerah Kalimantan tengah lewat cara dipetik di bagian senarnya serta bakal membuahkan type bunyi Kordofon.

23. Panting


Panting ini termasuk juga alat musik yang begitu disukai oleh orang-orang yang ada di kalimantan selatan dengan type nada yang dipunyai yaitu kordofon lewat cara dipetik di bagian senarnya.

24. Kolintang


Kolintang ini yaitu alat musik yang demikian disukai oleh beberapa orang yang ada di Sulawesi utara, mengenai pemakaiannya lewat cara dipukul dengan pemukul yang spesial serta bakal keluarkan type
alat musik kolintang

25. Kecapi




Kecapi termasuk juga alat musik yang ada di sulawesi barat yang memiliki type nada yang khas yaitu Kordofon di mana penggunaannya lewat cara dipetik dibagian senarnya.

25. Tifa


Tifa ini termasuk juga alat musik yang keluarkan type nada membranofon di mana banyak diketemukan didaerah Papua, mengenai untuk pemakaiannya dikerjakand lewat cara memukul lewa telapak tangan.


MACAM MACAM SERAT



No comments:

Post a Comment

30 Alat Musik Tradisional Indonesia dan Asal Daerahnya

30 Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia dan Asal Daerahnya Alat Musik Tradisional – Mel...